Bupati Bandung Wajibkan Warganya Berbahasa Sunda Di Hari Rabu

Editor :
Bupati HM Dadang Supriatna seusai Dialog Budaya 'Strategi Pemulihan Produktivitas Seniman dan Budayawan Dalam Kondisi Covid-19' di Padepokan Giri Harja Kelurahan Jelekong, Baleendah, Rabu (13/10/2021). /visi.news/humas

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOREANG – Bupati Bandung HM Dadang Supriatna menetapkan hari Rabu sebagai Hari Berbahasa Sunda di Kabupaten Bandung. Hal itu ia sampaikan di sela kegiatan Dialog Budaya ‘Strategi Pemulihan Produktivitas Seniman dan Budayawan Dalam Kondisi Covid-19’ di Padepokan Giri Harja Kelurahan Jelekong, Baleendah, Rabu (13/10/2021).

“Ini dalam rangka mempertahankan budaya Sunda. Kita sudah ada muatan lokal di sekolah untuk Bahasa dan budaya Sunda. Nah mulai hari ini, 13 Oktober, saya wajibkan warga Kabupaten Bandung, khususnya anak-anak kita mulai tingkat TK hingga SMP, untuk berbahasa Sunda setiap hari Rabu,” ucap Bupati Dadang Supriatna.

Terkait acara dialog budaya yang digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung itu, bupati menuturkan, ia membutuhkan aspirasi berupa harapan dan keinginan seniman dan budayawan Kabupaten Bandung dalam kondisi Covid-19.

Melalui dialog yang dihadiri sekitar 80 seniman dan budayawan tu pula, kata bupati, akan ditemukan cara bagaimana ke depan pemerintah daerah akan mengambil langkah dan solusi. Langkah tersebut nantinya akan bermuara pada program kegiatan, untuk keberlangsungan hidup para seniman dan budayawan.

“Saya juga mengharapkan, karena kita punya muatan lokal bahasa dan budaya Sunda, ada masukan, saran dan pendapat dari seniman dan budayawan. Mereka lebih paham bahasa Sunda, yang nantinya akan dijadikan bahan silabus pembelajaran di sekolah,” tutur pria yang akrab disapa Kang DS itu.

Kang DS meyakini, bahwa apa yang terkandung dalam Bahasa Sunda, terdapat implementasi isi dari Al-Quran. “Nanti kita akan tindaklanjuti dengan penerbitan perbup (peraturan bupati) nya,” pungkas Kang DS.@alfa

Baca Juga :  SELEB: Raffi Ahmad Posting Rafathar Tengah Salat

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

UKM Indonesia Percepat Pemulihan Ekonomi

Kam Okt 14 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Pandemi mengawali krisis global yang melanda perekonomian dan bisnis di seluruh dunia. Hal ini tentu membuat segalanya terhenti dan memaksa UKM di Indonesia untuk beradaptasi dan mengubah rencana dan strategi bisnis mereka untuk bertahan. UKM Indonesia merupakan tulang punggung perekonomian negara dan berkontribusi besar terhadap […]