Flyover Diuji Coba, Lalin dari Rancaekek ke Cileunyi bisa Lurus

Editor :
Situasa lalin dari arah Rancaekek menuju Kota Bandung./visi.news/budimantara.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS. Sehubungan dengan pembangunan Simpang Susun Cileunyi sebagai akses integrasi Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu telah dibuka dan difungsikannya jalur underpass simpang susun Cileunyi Tol Cileunyi-Sumedang Dawuan (Cisumdawu), tepatnya di simpang susun Cileunyi Tol Cisumdawu, Desa Cileunyiwetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, giliran jalur di atas underpass atau flyover, Jumat (21-5-2021) diuji coba.

Dalam uji coba tersebut, arus lalin dari arah Rancaekek menuju Cileunyi-Cibiru yang sebelumnya belok ke kiri lalu berputar di dekat gerbang tol Cileunyi, kini bisa lurus menggunakan jalur flyover.

Dengan diujicobanya jalur di atas underpas tersebut kini tak terlihat lagi kemacetan dan penumpukan kendaraan terutama di putaran jalan.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Bandung, AKP Kiki Hartaki, didampingi Mulsani, Humas China Road and Bridge Corporation (CRBC), kontrakor yang mengerjakan proyek tersebut mengatakan, uji coba ini dilakukan menyusul pengerjaan simpang susun sebagian sudah dikerjakan.

“Ini akan bisa mengurai kemacetan terutama kendaraan yang akan menuju gerbang tol Cileunyi. Kendaraan dari Garut-Tasikmalaya-Rancaekek baik roda atau roda 4 akan ke Kota Bandung melalui jalur Cibiru, tak perlu muter arah ke depan gerbang tol. Jadi lurus saja dan uji coba ini akan kita evaluasi,” kata Kiki kepada wartawan saat uji coba di simpang susun Cileunyi.

Sementara itu Mulsani, humas CRBC, menyebutkan, bisa saja jalur ke arah Cileunyi dari Rancaekek yang lurus di atas underpass bisa dipermanenkan.

“Pengerjaan simpang susun Cileunyi tol Cisumdawu, termasuk underpas saat ini sudah 75-80 persen,” kata Mulsani.

Sebelumnya uji coba underpass sudah dilakukan dan kini telah difungsikan dimana kendaraan dari arah exit Tol Cileunyi menuju Garut- Tasikmalaya-Rancaekek tinggal masuk ke underpass bawah tak harus dengan kendaraan lain.
Begitu pula kendaraan dari arah exit tol ke arah Cibiru dan Jatinangor tinggal belok kiri menggunakan jalur 2 pinggir under pass. Dari pemantauan lapangan, pasca dibuka dan difungsikannya underpass atau di atas underpass simpang susun Cileunyi ini, kini kemacatan sudah bisa terurai. Kendaraan tak lagi macet dan menumpuk di putaran jalan.@.bud

Baca Juga :  KPU: Warga Bandung Harap Bersabar Tunggu Pengumuman Resmi Pemenang Pilkada

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Aksi Solidaritas Palestina di Bandung, Asia Afrika Ditutup

Sab Mei 22 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Unjuk rasa mendukung Palestina dan mengecam serangan Israel kembali digelar di depan Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/5/2021). Akibatnya, kepolisian lalu lintas Polrestabes Bandung menutup Jalan Asia Afrika untuk sementara waktu sebagai bagian dari rekayasa lalu lintas karena adanya aksi bela Palestina tersebut. […]